Search This Blog

Tuesday, June 8, 2010

Belajar Koordinasi

Yup minggu kemarin saya belajar bagaimana caranya berkoordinasi...Apa itu Koordinasi?  yah intinya koordinaasi sangat penting untuk dilakukan supaya rencana atau kegiatan yang akan kita lakukan itu terarah. Jadi koordinasi yang baik bisa menghindarkan kita dari banyak missing Link...atau mis..mis..yang lain.
Koordinasinnya memang berjalan lancar tapi di akhir saya dibantu teman. Maklum saya pemula, masih harus banyak dibimbing oleh yang senior. Senior Bukan dalam hal usia saja tapi dari segi pengalaman walaupun masih muda.
Apa yang saya lakukan dalam berkoordinasi?
Yup sepanjang melakukan koordinasi saya melakukan contact atau komunikasi dengan panitia acara atau tuan rumah  yang memang mengundang Big Boss kita untuk hadir. Hal yang dikoordinasikan itu terkait dengan beberapa segi, misalnya:

  • Mengenai jadwal keberangkatan Big boss beserta rombongan yang akan mendampingi Boss
  • Akomodasi atau kendaraan yang di pakai, mulai dari pesawat dan juga kendaraan yang digunakan untuk menjemput Big Boss
  • Reservasi untuk VIP di Bandara
  • Memintakan Rundown acara kemudian menyusun ulang disesuaikan dengan jadwal keberangkatan Big boss lalu di ACC Boss
  • Membuat surat pemberitahuan kedatangan Big Boss kepada pemerintah kota terkait, biasanya ke Gubernur dan juga Bupati. Kita biasanya kirim lewat fax. Surat pemberitahuan dibuat setelah kita mendapat Acc untuk rundown acara. 
  • Menetukan pakaian yang harus dipakai oleh Big Boss dan juga tamu undangan. Teman bilang katanya kalau hari sabtu minggu pakai batik atau PDH...
  • Koordinasi mengenai spanduk juga 
  • Dan yang terpenting adalah penulisan nama Jangan salah. 
Yup kira-kira gambarannya seperti itu dan masih banyak hal lain yang perlu dikoordinasikan...nanti juga Boss kita melakukan korodinasi lagi dengan panitianya..Begitulah salah satu kerjaan kita di sini...Bagaimana perasaan saya? yah, yang paling saya mengerti adalah menjalani apa yang ada di sini...sekali lagi, katanya Dinikmati saja....menambah pengalaman...

No comments: