Search This Blog

Friday, January 6, 2012

Kliping Digital

Hm, ada sudah satu tahun ya tidak ngbelog lagi di sini. Akhirnya diputuskan saja untuk update lagi hehehehe... Tapi sebelumnya selamat tahun baru 2012 ya.. tidak terasa sudah berganti tahun. Apa rencana teman-teman di tahun baru ini?

Kumpulan Kliping Digital

Blog ini memang saya ciptakan untuk sharing sedikit tentang pekerjaan namun masih dalam batas-batas yang wajar.  Kali ini saya ingin bahas tentang kliping. Apakah teman-teman membuat kliping di kantor?

Tentu saja jawabannya akan bervariasi. Kalau saya sendiri karena di bagian Humas dan Protokol tentu saja membuat kliping. Bahan kliping ini diambil dari berita di surat kabar nasional maupun lokal kemudian ada juga dari berita online. Kliping yang kita buat digandakan sebanyak 8 buah lalu disebarkan untuk eselon 1, SAM, Staf Khusus dan Perencanaan. Tujuannya untuk mengetahui bagaimana informasi yang kita berikan di feedback atau di muat oleh media tentu juga untuk memonitoring sebagai salah satu bahan masukan dalam pengambilan keputusan. Anda percaya itu? tentu harus. Karena bisa jadi pernyataan seseorang bisa menjadi pemicu dikeluarkan suatu kebijakan yang baru.

Nah, karena saya  dan teman -teman yang lainnya juga mengkliping di setiap hari kerja jadi kita tahu apa yang sebenarnya harus dilakukan untuk lebih mengoptimalkan kliping itu.  Tidak hanya menggunting, menempel, searching dan menyebar. Untuk tahun 2012 ini tiba-tiba saja terlintas di benak saya ingin mengoptimalkan kliping ini jadi kliping digital. Maksudnya supaya bisa diakses oleh masyarakat luas. Jadinya, minggu pertama di tahun baru ini saya  buat group di yahoo.com semula namanya adalah informasiperumahan@yahoogroups.com tapi dipikir lagi itu terlalu luas jadinya diedit lagi dan sekarang lebih mengkerucut namanya menjadi klipingdigital@yahoogroups.com. Jadi, kalau teman-teman butuh kliping tentang perumahan silahkan bisa subscribe atau menjadi anggota di group ya ....  atau bisa akses ke sini File Kliping Digital .

Oh ya sekarang ini saya inginnya kliping ini disebarkan untuk semua pegawai buka hanya para pejabat eselon hehehehehe..

Sebenarnya kami sudah punya milis namanya milis perumahanrakyat@yahoogroups.com. Nah, mereka juga selalu mengirimkan message yang berisi berita dari kliping yang kami kirim  untuk selanjutnya dibroadcat kepada anggota millis atau mereka menambahkan dengan searching lagi yang terbaru. Memang ada beberapa perbedaan yang dilakukan milis dan konsep klipingdigital. Kalau Milis lebih langsung ya, jadi setiap kali ada pemberitahuan di message terlebih lagi kita pakai BB yang bisa push email kita bisa langsung membaca isi dari message tersebut itu memang efektif. Nah, kalau kliping digital itu lebih kepada klipingnya dalam bentuk yang sebenarnya. Maksudnya kliping digital ini akan berisi tentang  resume kliping, scan kliping berita koran, dan juga berita online. Untuk mengakses dari kliping digital ini memang harus lewat PC atau pun yang sejenisnya. Namun, percayalah biasanya kalau ada sesuatu yang perlu direspon sesegera mungkin, atasan pastinya meminta langsung kliping aslinya atau copyannya. Jadi, ya masih diperlukan kliping ini.

Apalagi sekarang ada tuntutan setiap orang mengetahui isu yang ada. Sepertinya memang kami harus membroadcast juga  minimal headline atau judul berita di BBM Group. Memang itulah salah satu keuntungan memakai BB. Bisa koneksi dengan anggota lebih cepat heheehe......terutama kalau orangnya  selalu standby.

Lalu, pertanyaannya adalah mengapa klipingdigital ini tidak diupload ke website resmi?
O tentu saja ingin saya seperti itu, tapinya fasilitasnya belum ada. Sekarang ini sedang dalam pembenahan. Tapi terkait hal ini saya sudah membicarakannya dengan kasubbag. Dia pun telah menyampaikan hal ini kepada admin atau yang mengelola website. Jadi, tanggapannya mereka merespon untuk menambahkan di bagian editor upload document dan salah satunya bisa dalam bentuk PDF. Tapi tentu saja tidak bisa secepat itu, masih dalam proses dan untuk sementara saya pakai di group yahoo dulu.

Oh ya, upload file melalui yahoogroups itu memang dibatasi atau ada limitnya samapai 100MB dan untuk file yang bisa diupload tidak lebih dari 5KB. Jadi, kalau sudah penuh nanti kita harus mendeletenya apabila ingin upload yang baru. Itu tidak jadi masalah. Tapi tadinya saya ingin file itu tetap ada. Sebagai alternatif lain, kita bisa memakai links untuk mengarahkan dimana file yang lainnya kita simpan di internet. Saya berpikir untuk pakai Scribd.com hehehehee....... tapi kita lihat saja nanti ya. Karena space di yahoogroups masih besar ...

Selain itu, mengkliping sebenarnya tidak mengefektifkan waktu karena bisa setengah hari. Sementara di Kementerian atau Badan lain ada yang menyerahkannya kepada pihak ke tiga dan  diperlukan anggaran besar.  Tapi kita enjoy saja dengan kliping ini, karena keuntungannya kita bisa baca koran dan menemukan informasi yang lain. Meskipun terkadang karena semakin banyaknya kliping sampai-sampai kita tidak ingat secara rinci apa isinya, karena diburu waktu itu. Kita jadinya cepat-cepat tidak fokus pada isinya yang penting kliping rapih :)

Bagaimana dengan teman-teman semua?
 









No comments: