Search This Blog

Thursday, March 11, 2010

Hadir dalam acara Bakohumas

Yup, hari ini pagi-pagi benar saya datang ke kantor dan sekitar pukul 7.10 wib saya sudah tiba. Masuk ke ruangan sudah ada Pak W... tapi tugas saya pagi ini bukanlah mengkliping, melainkan pergi dengan Devi ke Hotel yang terletak di Jl. Mh. Thamrin, untuk menghadiri acara Bakohumas.
Hm... bercerita tentang Bakohumas, teringat saya akan sebuah seminar yang saya ikuti ketika masih menjadi Mahasiswa dahulu. Persisnya seminar yang diadakan oleh Perhumas. Tentunya dengan harga Mahasiswa.

Apa bedanya Bakohumas dan Perhumas?
Bakohumas sendiri merupakan singkatan dari Badan Koordinasi Kehumasan Pemerintah. Sedangkan Perhumas adalah kependekan dari Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia.
Tentunya saya antusias sekali mengikuti acara seperti itu. Dikarenakan, sekali lagi, berhubungan dengan background pendidikan saya. Bakohumas sendiri khusus untuk humas seluruh pemerintah. Namun, dalam pelaksanaan kegiatannya, seperti yang saya ikuti hari ini, tidak menutup untuk mengundang humas dari instansi lain atau non pemerintah (Anda bisa searching lagi untuk hal ini).
Ini adalah moment yang sangat special bagi saya. Selain, mendapatkan ilmu, saya juga bertemu dengan orang-orang yang sangat hectic namun bersedia untuk meluangkan waktunya. Ah saya juga bertemu dengan teman lama, wah dunia ini memang amazing....
Nah, untuk perhumas sendiri yang saya ketahui merupakan perhimpunan seluruh humas. Jadi, tidak ada batasan, apakah mau dari pemerintah atau non pemerintah. Jadi, yang saya rasakan adalah saya tinggal memiliki niat dan juga kemauan untuk mengikuti undangan acara, tentunya juga dengan seiizin Boss.

Nah kebetulan hari ini saya tidak membuat beritanya. Tapi kami (saya dan teman saya) membuat memo dinas. Di dalam memo tersebut kita menuliskan point-point dari hasil pertemuan tadi.

Apa yang saya dapatkan dari acara tadi pagi?
Baiklah saya akan sharing point-point pentingnya saja. Oh ya, di dalam acara tersebut ada empat pembicara.

  1. Tujuan diadakannya acara sosialisasi oleh Bakohumas diantaranya; untuk menjalin hubungan yang harmonis dan juga meningkatkan koordinasi antar humas pemerintah.
  2. Untuk memahami fungsi PR. Oh ya, PR atau Humas mungkin ada di Strata 3/4 di tempat kerja kita, tapi dalam melaksanakan fungsinya dekat dengan top management atau paling depan. Humas bertugas menyampaikan pesan dari top management ke masyarakat melalui strategi-strateginya dan juga bagaimana humas mengemas pesan dari masyarakat untuk pimpinan.
Thats all for tonight...will continue tomorrow

No comments: